ORDER VIA WHATSAPP

Berita

"



Bidan adalah pahlawan persalinan....

Jurusan Kebidanan

Jurusan Kebidanan merupakan jurusan yang akan mengajarkan kamu cara menolong persalinan, kamu akan berperan dalam membantu dan memimpin persalinan. Kamu juga akan dilatih untuk melakukan pemeriksaan kehamilan, melakukan perawatan, juga memberikan asuhan kepada pasien. Selain disiapkan menjadi tenaga medis dalam proses persalinan, kamu juga akan berperan dalam membantu ibu saat proses menyusui, pemulihan kesehatan ibu pasca melahirkan, hingga program keluarga berencana. Kuliahnya nggak cuma teori lho, tapi juga didukung oleh praktek. Dijamin seru deh, Quipperian!

 

Pengetahuan dan Keahlian

Kemampuan komunikasi

 

Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan secara cepat

 

Kemampuan melakukan observasi

 

Kemampuan melakukan analisis

 

Kemampuan berpikir kritis

 

Keterampilan interpersonal

 

Jurusan Kebidanan

Ingin tahu!

Apakah kira-kira kamu cocok dengan jurusan atau karier ini atau tidak?

 

Ikuti Test Sekarang!

Aptitude Test Mobile Phone

Kenapa Harus Memilih Jurusan Kebidanan?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Kebidanan.

 

1

Ketika lulus kuliah, kamu akan langsung mengucap sumpah profesi Bidan. Tentu saja hal ini menyenangkan kan?

 

2

Tenaga medis selalu dibutuhkan, jadi nggak heran kalau waktu tunggu lulusannya untuk dapat pekerjaan pertama relatif singkat. Apalagi kalau Quipperian rajin, pandai, dan tekun, pastilah tawaran pekerjaan akan cepat menghampirimu.

 

3

Ilmu yang kamu peroleh selama kuliah begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, jadi sangat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, orang-orang di sekitarmu, juga masyarakat luas.

 

4

Selain jadi Bidan bisa juga kamu merangkap jadi praktisi hypnobirthing ataupun prema birthing setelah mengambil sertifikasi praktisi di bidang ini.

 

5

Setelah beberapa tahun meniti karier sekaligus memperluas jaringan ke rekan sejawat, kamu bisa membuka praktek sendiri lho.

 

6

Pendidikan Kebidanan akan membuat kamu menjadi seseorang yang multitasking karena terbiasa menjalani berbagai peran, kamu dituntut untuk luwes bergaul namun tetap bisa serius dan teliti saat menghadapi pasien. Bidan juga kerap dianggap memiliki pribadi yang kuat, mandiri, dan lemah lembut, mudah bergaul, dan punya sifat keibuan.Katanya ini juga syarat menjadi menantu idaman lho!

 

Prospek Kerja

Pekerjaan utama bagi lulusan Kebidanan pasti Bidan. Kalau kamu punya Sertifikasi Kompetensi Bidan otomatis akan memberi nilai tambah pada dirimu, Quipperian. Secara umum, rata-rata gaji lulusan Kebidanan berada pada kisaran Rp4.000.000 sampai Rp6.000.000. Besaran ini tentunya juga memperhatikan lokasi tempatmu bekerja ya. Selain bekerja sebagai Bidan, kamu juga bisa berperan sebagai penyuluh kesehatan maupun penyuluh keluarga berencana lho. Selain itu, kamu juga punya kesempatan untuk mengembangkan dirimu dalam hal lain. Misalnya menjadi instruktur prenatal yoga ataupun instruktur senam hamil. Berikut ini terdapat beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti setelah lulus kuliah:

 

Dosen

Pengasuh Anak/Bayi

Pekerja Sosial Medis

Perawat Lansia (Care Worker)

Pekerja Sosial (Social Worker)

Bidan

Show More

Jurusan Kebidanan

Dunia Perkuliahan

Jurusan Kebidanan menawarkan pendidikan vokasional yang bisa ditempuh selama 3 tahun atau 6 semester untuk D3 dan 4 tahun atau 8 semester untuk D4. Selama di kampus, kamu akan belajar secara lebih mendalam tentang fungsi-fungsi reproduksi dan hal-hal yang berhubungan sama usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dibekali juga dengan keterampilan melakukan pemeriksaan pada fase-fase kehamilan, melakukan perawatan, juga memberikan asuhan. Kamu juga akan belajar bagaimana seharusnya bersikap dan menghadapi pasien. Menariknya di kelas Asuhan Kebidanan, kamu akan belajar mendokumentasikan apa saja yang telah kamu lakukan pada pasien.

 

Mata kuliah yang bisa kamu temui misalnya Anatomi Fisiologi, Biorep dan Mikrobiologi, Keterampilan Dasar Kebidanan, Komunikasi dalam Praktik Kebidanan, Etikolegal dalam Praktik Kebidanan, Obstetri dan Ginekologi, Asuhan Kebidanan Kehamilan, Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir, Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui, Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi, Balita, dan Anak pra Sekolah, Asuhan Kebidanan Kegawatdaruratan Maternal Neonatal, Asuhan Kebidanan Komunitas, Epidemiologi, Farmakologi, Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan, Promosi Kesehatan, dan lainnya. Selain teori, pastinya ada praktiknya juga dong, Quipperian.

 

Nah, setelah menuntaskan studi di Jurusan Kebidanan, kamu berhak menyandang gelar Ahli Madya Kebidanan untuk D3 dan Sarjana Terapan Kebidanan untuk D4. Kalau ingin melanjutkan ke jenjang pascasarjana bisa mengambil Magister Kebidanan atau program lain yang mendukung mendukung profesimu, Quipperian!

 

Mata Kuliah

Struktur Mata Kuliah D3 Kebidanan

Semester I

Mata Kuliah

Pendidikan Pancasila

Penididikan Kewarganegaraan

Pendidikan Agama

Bahasa Inggris

Anatomi

Fisiologi

Mikrobiologi

Keterampilan Dasar Praktik Klinik

Konsep Kebidanan

Biologi Reproduksi

 

Semester II

Biokimia

Ilmu Sosial Budaya Dasar

Obstetri

Fisika Kesehatan

Ilmu Kesehatan Anak

Psikologi

Kesehatan Reproduksi

Etika Profesi dan Hukum Kesehatan

Farmakologi

Praktik Klinik KDPK

 

Semester III

Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan

Gizi dalam Kesehatan Reproduksi

Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)

Asuhan Kebidanan II (Persalinan)

Asuhan Kebidanan III (Nifas)

Asuhan Neonatus, Bayi dan Anak Balita

Dokumentasi Asuhan Kebidanan

Ginekologi

Praktik Klinik Kebidanan I

 

Semester IV

Askeb IV (Patologi Kebidanan)

Askeb V (Kebidanan Komunitas)

Pelayanan KB

Praktek Klinik Kebidanan I

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan

Pengenalan Komputer

Bahasa Inggris II

Promosi Kesehatan

 

Semester V

Epidemiologi

Biostatistik

Askeb IV (Patologi Kebidanan)

Mutu Layanan Kebidanan

Manajemen Nyeri

Metodologi Penelitian

Praktik Klinik Kebidanan II

Kewirausahaan

 

Semester VI

Praktek Klinik Kebidanan

KTI